Situs Kitab
Mengapa Kitab Suci Katolik Mempunyai Jumlah Kitab Lebih Banyak daripada Kitab Suci Protestan?
Oleh Romo Richard Lonsdale
Kitab Suci Katolik terdiri dari 72 kitab (45 kitab PL + 27 kitab PB), sementara kebanyakan Kitab Suci Protestan hanya terdiri dari 66 kitab. Kitab yang hanya terdapat dalam Kitab Suci Katolik semuanya merupakan bagian dari Perjanjian Lama. Selain itu terdapat juga beberapa ayat dalam kitab-kitab tertentu yang hanya terdapat dalam Kitab Suci Katolik. Mengapa terjadi perbedaan demikian? Jawabannya amat rumit, tetapi secara sederhana dapat dijelaskan seperti berikut ini.
Orang-orang Yahudi menulis Perjanjian Lama, tetapi mereka tidak secara "resmi" menuliskan daftar atau kanon dari kitab-kitab tersebut sampai akhir abad kedua. Sekelompok orang Yahudi khawatir kalau-kalau pada akhirnya tulisan-tulisan Kristen juga akan dimasukkan orang ke dalam kanon mereka. Untuk mencegah hal tersebut, setelah melalui debat yang panjang, mereka memutuskan untuk mencantumkan hanya kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Ibrani saja yang termasuk dalam kanon mereka. Dengan demikian mereka dapat mengeluarkan kitab-kitab Kristen yang semuanya ditulis dalam bahasa Yunani. Namun demikian, ada pula beberapa bagian dari kitab Perjanjian Lama yang hanya tersedia salinannya dalam bahasa Yunani, sedangkan kitab aslinya yang ditulis dalam bahasa Ibrani telah hilang. Dengan demikian kitab-kitab tersebut, yang dulunya juga mereka terima, ikut dikeluarkan dari kanon Yahudi.
Gereja Katolik tidak mengikuti keputusan mereka. Terutama karena beberapa kitab yang ditulis dalam bahasa Yunani mendukung doktrin (doktrin = ajaran) Katolik, misalnya tentang Roh Kudus. Gereja Katolik tidak membuat daftar atau kanon resmi sampai beberapa abad kemudian. Sejak awal mula Gereja Katolik menerima semua kitab yang sekarang ada dalam Kitab Suci kita.
Kitab-kitab Perjanjian Lama yang diakui baik oleh Gereja Katolik maupun Gereja Protestan disebut Protokanonika (protokanonika: kanon yang pertama). Kitab-kitab Perjanjian Lama yang diakui oleh Gereja Katolik tetapi tidak diakui oleh Gereja Protestan di tempatkan di bagian antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Bagian ini oleh Gereja Katolik disebut Deuterokanonika (deuterokanonika: kanon yang kedua), sedang oleh Gereja Protestan disebut Apokrip (apokrip : buku-buku keagamaan yang baik untuk dibaca tetapi tidak diilhami Roh Kudus).
Hingga kini Gereja Katolik terus mempertahankan serta menghormati kitab-kitab seperti yang telah diterima oleh Gereja Kristen Purba. Jika Kitab Suci yang mereka wariskan itu baik bagi mereka, tentu baik pula bagi kita. Coba bacalah kisah menarik tentang Tobit, dan coba baca juga nasehat-nasehat berharga dalam Kitab Kebijaksanaan di Kitab Suci Katolik-mu.
sumber: Romo Richard Lonsdale; Catholic1 Publishing Company; www.catholic1.com
tambahan: Romo Dr. H. Pidyarto O.Carm; Mempertanggungjawabkan Iman Katolik buku kesatu
Diperkenankan mengutip / menyebarluaskan artikel di atas dengan mencantumkan: diterjemahkan oleh YESAYA: www.indocell.net/yesaya atas ijin Fr. Richard Lonsdale.
Yuk, beri rating untuk berterima kasih pada penjawab soal!
Posted on 13 Desember 2013 by Admin
Kitab suci Katolik dan kitab suci Kristen Protestan memang ada perbedaan yang khas. Perbedaannya adalah pada jumlah kitabnya. Dalam Katolik ada 46 kitab Perjanjian Lama, sedangkan dalam Kristen Protestan hanya 39 kitab Perjanjian Lama. Sedangkan kitab Perjanjian Baru jumlahnya sama yakni 27 kitab. Ada 7 kitab yang diakui oleh Gereja Katolik sebagai kitab suci, sedangkan Kristen Protestan tidak mengakui 7 kitab tersebut sebagai kitab suci. Tujuh kitab itu sering disebut “Deuterokanonika”. Deuterokanonika berasal dari bahasa Yunani yang artinya “termasuk kanon kedua”, daftar yang kedua. Yang termasuk deuterokanonika adalah:
Sedangkan kitab Kejadian – Maleakhi disebut Protokanonika (kanon yang pertama) adalah sama-sama diakui oleh Katolik dan Kristen Protestan. Mengenai isi dan terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia juga sama tidak ada bedanya, demikian juga dengan Perjanjian Baru.
Sehingga untuk membedakan dari segi sampul/kulit luarnya, Kitab Suci Katolik di sampulnya ditambahi tulisan Deuterokanonika, sering ditulis lengkap “Alkitab Deuterokanonika”, maksudnya Alkitab yang di dalamnya ada deuterokanonika.
Filed under: Katekese | Tagged: alkitab, Katolik, kitab suci, kristen protestan, perbedaan |
Ứng dụng Android này là Trí tuệ của những người đàn ông điên. Ở định dạng PDF.Tác giả: Abu Al-Qasim An-NaisaburiTrong cuốn sách này, Abu al-Qasim thuật lại những câu chuyện về những người thông minh nhưng "điên rồ" cùng với đặc điểm của họ, quê quán, lời nói, thơ ca và bài viết của họ. Nó được tiếp tục sau đó với những câu chuyện về những người "điên" từ quốc gia Ả Rập và những người "điên" từ phụ nữ. Cuối cùng, ông đề cập đến những người “khùng” không biết tên nhưng những câu chuyện, câu thơ và câu nói của họ thì được nhiều người biết đến. Điều đó có nghĩa là, Abu al-Qasim đã thực hiện lời hứa của mình là mô tả tất cả những "người điên" trong cuốn sách này.Hơn thế nữa, ông tô điểm cho các chương và phần của cuốn sách này bằng những lập luận từ kinh Qur'an, hadith và thơ ca. Ngoài ra, cuốn sách này cung cấp một bức tranh rõ ràng về góc độ cuộc sống của người dân trong những ngày đầu của đạo Hồi, một góc độ mà chúng ta khó có được trong các tài liệu tham khảo lịch sử và văn học.Cuốn sách này chứa đựng những câu chuyện có thật về những người bị coi là điên rồ trong đạo Hồi. Gọi nó là ví dụ, Uwais al-Qarni, Qois the Majnun, Sa'dun, Buhlul, và những người khác. Mặc dù trên thực tế, họ là những người thông minh, thiên tài, có đầu óc nhạy bén, nói nhiều lời khôn ngoan và thậm chí thường bị coi là những Người bảo vệ lập dị.Tất cả các nhân vật được kể trong cuốn sách này không phải là nhân vật hư cấu. Đây là một câu chuyện có thật về những người bị coi là điên rồ trong đạo Hồi. Ví dụ, gọi nó là Uwais al-Qarni, Qois the Majnun, Sa'dun, Buhlul, Salmunah the Mad Woman, v.v. Tuy nhiên, đây không phải là những người điên bình thường. Họ là những nhân vật thông minh, thiên tài, có đầu óc nhạy bén, nói nhiều lời trí tuệ và thậm chí thường được coi là những Người bảo vệ lập dị. Kiệt tác này được viết rất cẩn thận dựa trên một phương pháp truyền tải chặt chẽ như hadith. Không ngạc nhiên, cuốn sách này đã trở thành một cuốn sách tham khảo cho những câu chuyện Sufi đã được lưu hành.Từ cuốn sách này, chúng ta sẽ nhận được những thông điệp truyền cảm hứng dí dỏm cũng như những lời khuyên đạo đức có thể làm tăng tình yêu dành cho Allah. Cuốn sách này nhắc nhở chúng ta rằng trí tuệ có thể đến từ bất cứ đâu, ngay cả từ những người điên rồ.Hy vọng rằng ứng dụng này có thể hữu ích làm tài liệu học tập và trở thành một người bạn trung thành mọi lúc mọi nơi mà không cần phải trực tuyến.Vui lòng cho chúng tôi các đề xuất và đầu vào để phát triển ứng dụng này, xếp hạng 5 sao để chúng tôi cảm thấy nhiệt tình hơn trong việc phát triển các ứng dụng hữu ích khác.Chúc bạn đọc vui vẻ.Tuyên bố miễn trừ trách nhiệm:Tất cả nội dung trong ứng dụng này không phải là nhãn hiệu của chúng tôi. Chúng tôi chỉ lấy nội dung từ các công cụ tìm kiếm và trang web. Bản quyền của tất cả nội dung trong ứng dụng này thuộc sở hữu hoàn toàn của người sáng tạo có liên quan. Chúng tôi mong muốn chia sẻ kiến thức và giúp người đọc học tập dễ dàng hơn với ứng dụng này, vì vậy không có tính năng tải xuống trong ứng dụng này. Nếu bạn là người giữ bản quyền của các tệp nội dung có trong ứng dụng này và không thích nội dung của bạn được hiển thị, vui lòng liên hệ với chúng tôi qua nhà phát triển email và cho chúng tôi biết về tình trạng sở hữu của bạn đối với nội dung.
Lần cập nhật gần đây nhất
KITAB UNDANG UNDANG HUKUM PERDATA
Hukum perdata di Indonesia pada dasarnya bersumber pada Hukum Napoleon kemudian bedasarkan Staatsblaad nomor 23 tahun 1847 tentang burgerlijk wetboek voor Indonesie atau biasa disingkat sebagai BW/KUHPer. BW/KUHPer sebenarnya merupakan suatu aturan hukum yang dibuat oleh pemerintah Hindia Belanda yang ditujukan bagi kaum golongan warganegara bukan asli yaitu dari Eropa, Tionghoa dan juga timur asing. Namun demikian berdasarkan kepada pasal 2 aturan peralihan Undang-undang Dasar 1945, seluruh peraturan yang dibuat oleh pemerintah Hindia-Belanda berlaku bagi warga negara Indonesia(azas konkordasi). Beberapa ketentuan yang terdapat didalam BW pada saat ini telah diatur secara terpisah/tersendiri oleh berbagai peraturan perundang-undangan. Misalnya berkaitan tentang tanah, hak tanggungan dan fidusia.
Buku pertama mengatur tentang orang sebagai subyek hukum, hukum perkawinan dan hukum keluarga, termasuk waris.
Buku kedua mengatur mengenai benda sebagai obyek hak manusia dan juga mengenai hak kebendaan. Benda dalam pengertian yang meluas merupakan segala sesuatu yang dapat dihaki (dimiliki) oleh seseorang. Sedangkan maksud dari hak kebendaan adalah suatu hak yang memberikan kekuasaan langsung atas suatu benda yang dapat dipertahankan kepada pihak ketiga. Buku kedua tentang benda pada saat ini telah banyak berkurang, yaitu dengan telah diaturnya secara terpisah hal-hal yang berkaitan dengan benda (misal dengan Undang-undang No.5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok Agraria, Undang-undang N0. 4 tahun 1996 tentang Hak Tanggungan . Dalam hal telah diatur secara terpisah oleh suatu peraturan perundang-undangan maka dianggap pengaturan mengenai benda didalam BW dianggap tidak berlaku.
Buku mengatur tentang perikatan (verbintenis). Maksud penggunaan kata “Perikatan†disini lebih luas dari pada kata perjanjian. Perikatan ada yang bersumber dari perjanjian namun ada pula yang bersumber dari suatu perbuatan hukum baik perbuatan hukum yang melanggar hukum (onrechtmatige daad) maupun yang timbul dari pengurusan kepentingan orang lain yang tidak berdasarkan persetujuan (zaakwarneming). Buku ketiga tentang perikatan ini mengatur tentang hak dan kewajiban yang terbit dari perjanjian, perbuatan melanggar hukum dan peristiwa-peristiwa lain yang menerbitkan hak dan kewajiban perseorangan.
Buku ketiga bersifat tambahan (aanvulend recht) sehingga terhadap beberapa ketentuan, apabila disepekati secara bersama oleh para pihak maka mereka dapat mengatur secara berbeda dibandingkan apa yang diatur didalam BW. Sampai saat ini tidak terdapat suatu kesepakatan bersama mengenai aturan mana saja yang dapat disimpangi dan aturan mana yang tidak dapat disimpangi. Namun demikian, secara logis yang dapat disimpangi adalah aturan-aturan yang mengatur secara khusus (misal : waktu pengalihan barang dalam jual-beli, eksekusi terlebih dahulu harga penjamin ketimbang harta si berhutang). Sedangkan aturan umum tidak dapat disimpangi (misal : syarat sahnya perjanjian, syarat pembatalan perjanjian).
Buku keempat mengatur tentang pembuktian dan daluarsa. Hukum tentang pembuktian tidak saja diatur dalam hukum acara (HIR) namun juga diatur didalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Didalam buku keempat ini diatur mengenai prinsip umum tentang pembuktian dan juga mengenai alat-alat bukti. Dikenal adanya 5 macam alat bukti yaitu :
Daluarsa (lewat waktu) berkaitan dengan adanya jangka waktu tertentu yang dapat mengakibatkan seseorang mendapatkan suatu hak milik (acquisitive verjaring) atau juga karena lewat waktu menyebabkan seseorang dibebaskan dari suatu penagihan atau tuntutan hukum (inquisitive verjaring). Selain itu diatur juga hal-hal mengenai “pelepasan hak†atau “rechtsverwerking†yaitu hilangnya hak bukan karena lewatnya waktu tetapi karena sikap atau tindakan seseorang yang menunjukan bahwa ia sudah tidak akan mempergunakan suatu hak.